Login : Dosen Mahasiswa Reviewer Luar

Selamat datang di website Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) Poltekkes Kemenkes Semarang    III    Anda dapat mendownload full text jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat jika anda terdaftar sebagai dosen dan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang, semoga bermanfaat untuk ilmu yang bermanfaat.

01 September 2014 oleh TUTI SUKINI. S.SiT,M.Kes , ; ;
LINK ISSN: 1829-5754, Vol. 10, No. 3, September 2014

Ketepatan Proyeksi Pengukuran Panjang Telapak Kaki Kanan Dan Tinggi Fundus Uteri Ibu Hamil Trimester III Terhadap Kesempitan Panggul Di Kabupaten Magelang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masing-masing variabel kemudian dilakukan analisis untuk mengetahui hubungan kedua variabel tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan terdapat 30 responden. Analisis uji statistiknya menggunakan Chi-Square. menunjukkan nilai p value 0,061 yang lebih besar dari taraf signifikan 0,05 sehingga hipotesis alternatif (Ha) ditolak yang menyatakan tidak ada ketepatan perpotongan proyeksi pengukuran panjang telapak kaki kanan dan tinggi fundus uteri pada ibu hamil trimester III dengan kejadian kesempitan panggul. Untuk Bidan sebagai pemberi asuhan antenatal hendaknya selalu beranggapan bahwa semua ibu hamil memiliki risiko dan memperlakukan sama pada semua ibu hamil, karena pengukuran tinggi fundus uteri yang diproyeksikan dengan panjang telapak kaki kanan tidak dapat dipakai sebagai prediksi kesempitan panggul.

Kata kunci: Perpotongan Proyeksi, Kesempitan Panggul